I. Pendahuluan dan Definisi
Apa itu agroinformatika?, dari kata agro dan informatika. Agro secara garis besar adalah Pertanian dan Informatika adalah suatu disiplin ilmu dan teknologi perangkat lunak komputer (software). Jadi secara garis besar Agroinformatika adalah suatu studi pertanian dengan teknologi perangkat lunak komputer sebagai penunjang.
Atau dengan kata lain mempelajari Ilmu Pertanian dengan dibantu perangkat lunak komputer, jadi disini bahasan yang utama adalah bidang pertanian sedangkan teknologi komputer dan perangkat lunak adalah pelayannya. Agroinformatika saat ini masih dalam sub kajian dari Bioinformatika, atau hasil pengembangan dari Bioinformatika. BioInformatika merupakan studi Ilmu hayat (hidup) dengan teknologi komputer dan perangkat lunak sebagai penunjangnya.
Agro informatika merupakan suatu pendekatan baru dalam mengkaji suatu bidang keilmuan yaitu pertanian yang dikolaborasikan dengan teknologi komputer yang semakin pesat.
Salah satu aplikasi dari Agroinformatika adalah program SPSS yang saat ini banyak digunakan sebagai program yang membantu dalam perancangan percobaan (Rancob). Agroinformatika tidak sesederhana hanya menggunakan program/aplikasi perangkat lunak, namun lebih dari itu termasuk bidang kolaborasi ini adalah penggunaan basis data online seperti bank DNA/RNA virus untuk mengidentifikasi virus, dan data online lainnya misalkan seperti pencitraan foto untuk prakiraan cuaca, pencitraan GIS/SIG (Sistem Informasi Geografi). Dan berbagai kolaborasi basis data yang dapat menunjang kegiatan pertanian.
II. Tujuan
Untuk memanfaatkan informasi digital berbasis on line(web) dan off line (software) dalam kebijakan pengambilan keputusan. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang terintegrasi diantaranya: agronomi, fisiologi tanaman, ilmu komputer, rekayasa perangkat lunak dan teknologi informasi lainnya.
III. Sasaran dan target
Pemanfaatan informasi digital baik itu berbasis on-line atau offline sebagai alat pengambilan keputusan dalam perencanaan, proses produksi, pengawasan, evaluasi, pemasaran, dan keuangan.
IV. Ruang Lingkup
Mencakup kesatuan dan kolaborasi antara teknologi Informasi (online), perangkat lunak(ofline), Ilmu hayat (biologi), dan Ilmu-Ilmu Pertanian. Gambaran ruang lingkup dapat dilihat pada skema di bawah ini:
0 komentar:
Posting Komentar