Kamis, 03 November 2011

Klasifikasi Perangkat Lunak

Secara umum Software atau perangkat lunak adalah suatu perangkat dalam bentuk data digital, baik input, proses/tata kerja, sampai menghasilkan outputnya.
Definisi mengenai software atau Perangkat Lunak secara tertulis berbeda beda belum tentu baku satu sama lain, namun maksud dan garis besarnya sama. sebagian besar orang terutama anak muda mengerti apa itu software. Jika dikatakan apa itu software sebagianbesar menjawab perangkat lunak semisal windows, Ms words,, WinaMP, dll. Sedangkan perangkat kerasnya (hardware) yaitu prosesor, hard disk, Ram, DVD RW, dll.


KLASIFIKASI PERANGKAT LUNAK
Dasar yang menjadi klasifikasi (penggolongan) perangkat lunak berbagai macam, Namun yang umum digunakan adalah sebagai berikut:


I. BERDASARKAN PERAN DAN FUNGSI
1. Perangkat Lunak Sistem Operasi (OS= Operating system)
Perangkat lunak dasar /induk yang melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras untuk menjalankan berbagai software aplikasi.
Contoh: Windows XP, Windows Vista, Linux Ubuntu, Macintosh, dll.
2. Perangkat Lunak Aplikasi/ Program
Adalah perangkat lunak yang melakukan proses suatu tugas dari input menghasilkan output yang diinginkan pengguna. Software ini dapat di-Klasifikasikan lagi seperti perkakas, aplikasi umum, game, dan simulator. Untuk lebih jelasnya lihat klasifikasi berikutnya.
Contoh: Office 2010 (world, excel, access, Power Point), WinAmp, Windows Media Player, Photoshop, Adobe Ilustrator, YouLite 2010, dll.



Gb: Tampilan Dekstop Windows 7







Gbr: Tampilan dekstop Ubuntu


II. BERDASARKAN APLIKASI
1. Perkakas Pelengkap (Utility tool)
Perangkat Lunak yang dipergunakan untuk memaksimalkan sistem operasi yang bekerja pada komputer.
Contoh: tune Up Utilities 2010, disk defragmenter, Antivirus, dll.
2. Aplikasi umum
Perangkat lunak yang biasa digunakan untuk mengerjakan aplikasi pada bidang tertentu (Kantor, multimedia, bisnis, grafis, dll).
Contoh: MS Office, GOm player, Windows media player, Adobe Photoshop, Aplikasi toko, dll.
3. Permainan /Game
Adalah perangkat lunak yang dijalankan dengan tujuan hiburan, kesenangan, dan ada juga yang edukatif. Perangkat lunak ini bisa dibedakan menjadi 2 jika dilihat dari banyaknya unsur bermain atau edukasi.
a. Playing
Tujuannya adalah untuk kesenangan atau hiburan, sebagian ada unsur edukasinya, namun hampir tdk dianggap atau dihiraukan. Dimainkan dengan terjun langsung ke misi dan level. Serta terdapat tokoh utama dan antagonis, hasil akhir adalah menang atau kalah. Contoh: COD (Call of Duty), FIFA 2011, Football manager, Counter srtike, dll.
b. Non Playing (Simulator, kuis, dll)
Tujuan utamanya lebih banyak kepada unsur pembelajaran/ Edukasi. Hanya terdapat misi saja atau level saja, hasil akhir adalah penilaian mampu atau tidak.
Contoh: Plane simulator, farming simulator, Who want to be a millionaire, dll.
4. Perangkat lunak Simulasi (Simulator)
Adalah Perangkat lunak yang menirukan dari sesuatu yang nyata beserta keadaan sekelilingnya. Biasanya ada tambahan hardware khusus yang dicolokan ke komputer. Hardware tersebut adalah peniruan dari benda aslinya yang hampir sama. Misalkan setir mobil, stang motor, hingga senjata berat. Ini adalah simulasi murni, bedanya dengan jenis game simulator adalah kita yang terjun langsung menjadi tokoh utama, seolah olah berada pada keadaan yang disimulasikan tsb.
Contoh: Bila kita berkunjung ke salah satu Dealer rmotor, sebagian besar disitu di sediakan motor simulasi dengan layar komputer. Atau simulasi memainkan senjata yang digunakan pada pelatihan militer.

gbr: game Farming simulator 2010, sedang menyelesaikan misi harvest (panen). jenis geme non playing



Gbr: Salah satu hardware tambahan, setir pesawat. Untuk menjalankan simulasi Pesawat terbang pada komputer.



Gbr: Simulasi memainkan salah satu jenis senapan. Tidak akan ada peluru asli yang dimuntahkan. Senapan tersebut hanyalah hardware yang dicolokan ke Komputer, namun dari bentuk, berat, sampai getarannya mirip senapan aslinya.


III. BERDASARKAN LISENSI/ HAK CIPTA
1. License/ Payware
perangkat lunak berhak cipta yang harus bayar atau ada ijin tertentu jika ingin digunakan.
Contoh: Ms Office.
2. Freeware
perangkat lunak komputer berhak cipta yang gratis digunakan tanpa batasan waktu dan pemakaian.
Contoh: Open Office.
3. Shareware/ demoware/ trialware
adalah Perangkat lunak uji coba atau perangkat lunak komersial dimana perangkat lunak didistribusikan secara gratis, Namun ada batasan tertentu (mis waktu, atau berapa kali pakai), jika ingin menghilangkan batasan tersebut haruslah membeli.   Istilah lainnya untuk shareware adalah trialware, demoware yang pada intinya "coba dulu sebelum membeli".
Contoh: Ms Office demo (50 kali pakai, jika ingin diteruskan harus membeli serial numbernya)
4. Malware dan Spyware
Dari kata malicious dan software, adalah perangkat lunak yang diciptakan untuk menyusup atau merusak sistem komputer, jaringan komputer, hingga Handpone, tanpa sepengetahuan atau ijin dari pemilik komputer atau HP tsb. Biasanya perangkat lunak ini mengganggu atau merusak komputer dari sistem hingga jaringannya.
Contoh: virus komputer.


IV. BERDASARKAN KONEKSI DATA
1. Perangkat Lunak Offline
Aplikasi ini hanya berupa program yang diinstal ke lokal komputer dan tidak perlu terhubung ke internet atau komputer lainnya. walaupun ada yang berbasis web yang sudah dilengkapi database yang diambil dari dari database Online, tapi di jalankan secara of line atau tidak terhubung ke internet atau komputer lainnya. Aplikasi ini harus diperbaharui (update) pada jangka waktu tertentu agar data2nya terkini
Contoh: SPSS, Ms Office, dll.
2. Perangkat lunak Online
Biasanya berbasis web. Dijalankan menggunakan web browser (mozila, opera, internet explorer, google chrome, dll) yang terhubung ke database (pusat data) dari lembaga /institusi Pendidikan dan Ilmu pengetahuan yang telah diakui secara internasional. Aplikasi ini intinya harus terhubung ke database yang Online, database harus siap sedia 24 jam. Biasanya Berbasis web dijalankan dengan menggunakan web browser (Mozila, Opera, Internet explorer, dll) namun ada juga yang dijalankan melalui software khusus.
Contoh: taxonomy tree secara online, pencarian kode RNA/DNA virus, Prakiraan cuaca,dan lain-lain.
3. Perangkat Lunak Gabungan (Co-Line)
Program atau software diinstal dahulu ke lokal komputer dan dapat dijalankan dengan tidak terhubung ke internet atau bisa juga terhubung ke internet. Biasanya program ini hanya menyediakan data secara garis besarnya saja, bila ingin mendapatkan data secara detail harus terkoneksi ke interrnet.
Contoh: pencarian sekuen (sequensing) RNA/DNA virus dengan clustal atau Blast yang di-Offline-kan.

V. BERDASARKAN CARA INSTALASI
1. Instal (Non Portable)
Adalah sebuah perangkat lunak komputer yang harus diinstal terlebih dahulu agar bisa dipakai.
Contoh: Photoshop CS2.
2. Portabel
Adalah sebuah perangkat lunak komputer yang bisa langsung dipakai tanpa harus diinstal terlebih dahulu. Perangkat lunak ini dapat dibawa dalam peralatan portabel (contohnya: USB flash drive) dan dapat digunakan di setiap komputer tanpa perlu melalui proses instalasi terlebih dahulu.
Contoh: Photoshop CS Portable.

2 komentar:

numpang lewat mengatakan...

bagus banget gan buat bahan contekan ulangan ^^...

Iyan Hs17 mengatakan...

Asal jangan ketahuan.. selamat berjuang gan

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes